Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bekasi

WALI KOTA BEKASI MERAIH PENGHARGAAN PEDULI HAM DARI PRESIDEN

Untuk kesekian kalinya, Wali Kota Bekasi Dr.Rahmat Effendi mendapat penghargaan dari Presiden Joko Widodo. Ahad (10/12) ini, Rahmat Effendi menerima penghargaan sebagai Pembina Kabupaten dan Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) di Solo, Jawa Tengah. Rahmat Effendi dinilai berhasil membina daerah di bawah kepemimpinannya untuk menjalankan pemerintahan berlandaskan penghormatan terhadap HAM setiap individu diantaranya atas hak-hak beragama sesuai pengamalan Pancasila.

Adapun Kriteria penilaian menurut Permenkumham nomor 34 Tahun 2016 adalah dengan terpenuhinya 6 kategori, yaitu hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak atas perempuan dan anak, hak atas kependudukan, hak atas perumahan yang layak, serta hak atas lingkungan yang berkelanjutan. Sementara kriteria penilaian indikator terhadap Kabupaten Kota diukur berdasarkan struktur, proses, dan hasil.

Rahmat Effendi mengatakan bahwa wajib hukumnya bagi pemerintah daerah untuk memenuhi hak asasi rakyatnya. Menurutnya, pemenuhan hak hidup dasar merupakan amanat bagi pemimpin agar rakyatnya mendapatkan kelayakan di sektor pendidikan, kesehatan, perumahan, dan lingkungan hidup serta tentunya hak berkeyakinan.

Kota Bekasi masuk dalam kota/kabupaten peduli HAM dari 315 Kota/Kabupaten yang ada di Indonesia yang meraih penghargaan tersebut.

Dengan diterimanya penghargaan ini Rahmat Effendi mengajak kepada seluruh masyarakat Kota Bekasi untuk hidup sesuai dengan norma-norma yang berlaku dalam bermasyarakat.

"Dengan penghargaan ini, mari kita jadikan cambuk dan motivasi bagi masyarakat Kota Bekasi untuk hidup rukun dan saling menghargai sesama manusia. Hanya dengan hidup rukun, damai, dan kebersamaan kita akan bisa membangun Kota Bekasi yang kita cintai ini," pungkasnya.

Share: