Disable Preloader

Satpol PP Kota Bekasi

HAYOO KITA RAIH REKOR MURI "PESERTA SENAM SPARKO TERBANYAK"

Bekasi Kota : SENAM spartan komando (sparko) semakin populer belakangan ini di Kota Bekasi. Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi resmi menjadikan Senam Sparko sebagai kegiatan rutin Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi bersama Kapolres Kombes Indarto dan Dandim 0507 Letkol Inf. Abdi Wirawan sejak awal 2019. Mulai Selasa (18/6/2019), Wali Kota Bekasi, Dr. Rahmat Effendi mewajibkan pegawainya mengikuti senam sparko tiap Selasa dan Jumat pukul 06.00 WIB di Stadion Patriot Candrabaga.

Lalu, apa sebenarnya senam sparko itu dan bagaimana awal kemunculannya sehingga digemari Rahmat Effendi ?

Sparko sebenarnya adalah nama komunitas yang didirikan oleh prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Mayor Inf. Eka Wira Dharmawan pada 2015. Ia terinspirasi para prajurit Sparta yang bertubuh bugar dan berperut six pack pada film 300. Oleh karena itu, Eka pun mendapat julukan The King of Sparko.

Konsep latihan Sparko merupakan program multiple endurance training (MET) yang meman dirancang oleh prajurit Kopassus. Pada program latihan tersebut setidaknya ada sejumlah konsep latihan seperti street workout, military crossfit, balance training, serta high intensity interval running.

Seiring perkembangannya, gerakan latihan komunitas Sparko ini menjadi populer. Banyak orang yang berminat terhadap komunitas Sparko. Prajurit kelahiran Bali tahun 1981 itu pun membuka kesempatan kepada siapa saja untuk merasakan program itu mulai 2017.

Bak sebuah bisnis yang berekspasi ke daerah lain, komunitas Sparko tumbuh pesat dalam 3 tahun. Tak hanya di Jakarta, komunitas itu merambah ke berbagai kota-kota besar di Indonesia. Eka yang bertubuh kekar itu kerap membagikan tips kepada para pengikutnya di Instagram melalui akun @eka_wira_king_of_sparko. Ia juga secara rutin mengunggah video gerakan sparko.

Rahmat Effendi mulai merutinkan senam ini sejak pertengahan Januari 2019. Sejak saat itu dia terus mengajak bawahannya mengikuti gelaran senam sparko rutin. Tampaknya, pada awal periode kepemimpinan kali kedua ini, Pepen ingin warga Kota Bekasi bugar, di samping kreatif. Pepen, sapaan akrab wali Kota Bekasi, mewajibkan senam sparko karena dua hal. Pertama, untuk kebugaran aparatur Pemkot Bekasi. Kedua, sebagai ajang silaturahmi antarunsur Tiga Pilar, yakni pemerintah daerah, polisi resor, dan komando distrik militer setempat.

Lebih lanjut menurut Wali Kota Bekasi mengatakan “Senam sparko menurut saya olahraga pembentukan yang perlu diikuti semua tahapan. Olahraga ini penggabungan lari dan bersepeda. Tentu harus didahulukan pemanasan yang cukup kuat hingga akhir,” katanya saat menjadi pembina apel pagi Pemkot Bekasi, Rabu (13/3/2019).

Wali Kota Bekasi bertekad untuk terus mempopulerkan dan memasyarakatkan Senam Sparko, bahkan beliau sudah mencanangkan pada tanggal 6 Agustus 2019 akan meraih rekor dari museum rekor Indonesia dengan predikat "Peserta terbanyak mengikut senam Sparko". untuk itu Wali Kota Bekasi emengajak seluruh elemen masyarakat Kota Bekasi mengikuti senam sparko secara massal di GOR Patriot Chandarabaga, Pukul 05.30 WIB.

 

Dikutip dari Berbagai sumber

Share: